Butuh Pisau Untuk Qurban Klik Banner di bawah ini

10/19/2011

Ciri- ciri Hewan Qurban yang Sehat

baitul-hikmah.com - Hari-hari menjelang Idul Adha atau Idul Kurban seperti ini, umat muslim biasanya kembali mencari tahu fiqh, hukum, informasi dan hewan yang akan mereka persembahkan untuk berkurban. Berikut, tulisan singkat tentang hewan yang layak untuk dijadikan kurban. Hewan Qurban adalah hewan yang disembelih oleh umat Islam pada hari Idul Adha dan hari Tasriq dengan niat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dasar dari Penyembelihan Hewan Qurban : “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah Sholat karena Rabbmu dan berkurbanlah.” (Al-Kautsar 1-2)
Apa Syarat -Syarat Hewan Qurban? “Sehat dan Layak Untuk Dikurbankan”
Bagaimana tanda-tanda hewan yang sehat?
Harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan Qurban atau petugas perternakan yang menangani kesehatan hewan yang berwenang untuk mengetahui hewan qurban yang bersangkutan.
Ciri-Ciri Secara Umum :
1.         Lubang kumlah (mulut mata, hidung, telinga, anus ) bersih dan normal. Mata jernih , cermin hidung tidak basah dan tidak kering. Bulu mengkilat
2.         Turgor (elastisitas) kulit baik (hewan yang tidak kekurangan cairan di dalam tubuh)
3.         Tidak ada luka atau borok
4.         Bergerak aktif,  mau makan dan minum
Bagaimana Tanda-tanda hewan yang layak untuk diqurbankan?
Hewan yang layak untuk diqurbankan adalah berkelamin jantan, cukup umur, tidak cacat dan tidak kurus.
1.         Cukup umur dapat dilihat kondisi gigi hewan : Sapi dan kerbau berumur di atas 2 tahun, ditandai  dengan sudah tumbuhnya lebih dari sepasang gigi tetap. Sedangkan domba dan kambing berumur di atas 1 th, ditandai dengan sudah tumbuhnya lebih dari sepasang gigi tetap.
2.         Tidak cacat : Tanduk lengkap (sepasang) dan tidak dipotong, buah zakar lengkap (2 buah) hewan tidak boleh dikebiri, kulit mulus : tidak ada luka/borok, tidak pincang.
3.         Tidak kurus dan bergizi baik :
Sapi: melihat tulang rusuk dan otot di sekitar pantat. Pada hewan yang kurus, bayangan tulang rusuk terlihat jelas.
Domba : tertutup bulu sehingga harus meraba daerah punggung. Jika teraba atau terasa sekali tulang punggung maka hewan tersebut kurus.
Bagaimana Tanda-tanda Hewan yang Tidak Sehat?
“Tanda-tanda umum hewan yang tidak sehat: mata sayu, tidak mau atau tidak nafsu makan, menyendiri atau memisahkan diri dari kelompoknya, berbaring saja, tidak aktif dan memperlihatkan gejala sakit.” • (Sumber : Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Kotamadya Jakarta Selatan/afa)

Tidak ada komentar: